Melakukan Flash Ulang Untuk Mengatasi Asus Zenfone 4 Bootloop

Apakah Anda pengguna asus zenfone 4 dan pernah mengalami bootloop ? tenang, kali ini kami akan menyampaikan tentang cara untuk Service ASUS Zenfone 4 Bootloop. Keadaan perangkat yang sudah diRoot dan software SuperSu dalam keadaan terdisable  maka akan membuat firmware handphone kurang stabil. Hal tersebut yang menyebabkan handsetnya sering mati sendiri. Bootloop adalah salah satu masalah yang biasa dirasakan oleh semua pengguna android yang suka memodifikasi software ataupun firmware dari perangkat android.

Secara lebih luas Bootloop biasa disebut dengan kegagalan system android dalam mengeksekusi perintah yang ada dalam firmware perangkat android. Hal tersebut akan berakibat pada gagalnya proses booting sehingga tidak dapat masuk ke menu utama. Berikut ini akan kami sampaikan dua cara untuk melakukan  Service ASUS Zenfone 4 yang bisa Anda coba;

  1. Jika perangkat Anda masih dalam keadaan menyala dan dalam keadaan diRoot, maka pastikan Anda untuk melakukan un-Root terlebih dahulu hingga sukses.
  2. setelah melakukan un-Root sukses namun perangkat Anda masih sering Blank, maka bisa diatasi dengan cara Factory Reset lewat Droid Boot. Caranya yaitu perangkat harus dalam keadaan mati, lalu tekan tombol power dan volume up secara bersamaan, tahan sebentar hingga keluar logo robot android dan terakhir pilih factory reset.

Jika dengan dua cara tadi belum juga bisa mengatasi masalah Anda maka Anda bisa mencoba  untuk melakukan cara Flash ulang Firmware pada smartphone Anda. Untuk Anda yang belum tahu, Flash Ulang yaitu cara menginstal ulang Firmware dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi android seperti semula bila firmware bawaan perangkat Anda mengalami kerusakan. Bahan-bahan yang harus Anda sediakan yaitu;

– Smartphone Asus Zenfone yang mengalami Bootloop

– kartu micro SD

– Laptop atau Komputer

– Firmware Zenfone 4 Kitkat  dan Firmware Zenfone 4 Jelly bean  (bisa dicari digoogle)

Cara Melakukan Flash Ulang Firmware yaitu;

  1. Pastikan versi android terakhir perangkat Anda sebelum terjadi bootloop, versi KitKat ataukah Jelly bean, sebab bila versi android smartphone Jelly Bean namun di Flash ulang dengan Firmware Kitkat akan tetap Bootloop. Kemudian download Firmware sesuai versi android smartphone Anda.
  2. Setelah download selesai, Anda harus memastikan jika nama filenya sudah tepat seperti dibawah ini.

A400CG_all_WW_user_V4.3.11.raw untuk versi JellyBean

A400CG_all_WW_user_V6.5.27.raw untuk versi Kitkat

Lalu masukkan Firmware tersebut kedalam micro SD dan letakkan pada direktori terluar jangan dimasukkan kedalam folder, kemudian masukkan microSD ke smartphone Anda.

  1. Anda harus memastikan bahwa daya baterei perangkat Anda dalam kondisi penuh, bisa juga diantisipasi dengan cara mencolokkan charger.
  2. Masuk ke dalam Mode DROID BOOT dengan cara menekan tombol POWER dan Volume Up secara bersamaan hingga terlihat logo berbentuk robot. Setelah masuk pada tampilan DROID BOOT, tarik kebawah dengan menekan tombol volume down, lalu pilih SD Download dan tekan tombol power untuk mengeksekusi. Setelah itu tunggu proses Flash sampai selesai.
  3. Jika proses flash tidak berjalan dan ada pesan ERROR: can’t find image file, itu artinya ada kesalahan seperti kartu microSD tidak dapat terbaca dan nama filenya belum tepat.
  4. Setelah proses flash ulang selesai yang ditandai dengan smartphone dapat masuk kemenu utama, maka selesai sudah proses untuk mengatasi Bootloop pada smartphone Anda.

Itu tadi merupakan cara untuk mengatasi masalah pada Asus Zenfone 4 yang mengalami bootloop, namun bila Anda ragu untuk melakukan flash ulang sendiri maka segera bawa smartphone Anda ke tempat  Service Handphone untuk mengatasinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s